Sejarah Ormawa di IM Telkom


EDISI REVISI I : 1 Mei 2012

Organisasi mahasiswa (ormawa) yang saya akan ulas disini adalah organisasi intra kampus IM Telkom yang menjadi induk dari segala organisasi-organisasi mahasiswa di IM Telkom, yaitu Himpunan Mahasiswa Manajemen Telekomunikasi dan Informatika (HM MTI), Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (HIMA MBTI) dan Keluarga Mahasiswa Institut Manajemen Telkom (KM IM Telkom).

Era Awal (Era HM MTI/HMTI)

1997-2002

Pada tanggal 12 Maret 1997  terbentuklah cikal bakal dari ormawa di Institut Manajamen Telkom (IM Telkom), dahulu bernama Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB), dengan nama Himpunan Mahasiswa Manajemen Telekomunikasi dan Informatika (HM MTI). HM MTI dipimpin oleh seorang ketua yang dipilih langsung oleh mahasiswa. Prinsip, asas dan landasan organisasi HM MTI pun tak jauh berbeda dengan HIMA MBTI.

Sayangnya, tak banyak data-data atau informasi-informasi yang saya dapatkan mengenai ormawa ini. Namun begitu, HM MTI merupakan langkah awal mahasiswa IM Telkom untuk berhimpun dan membentuk sebuah organisasi yang mengakomodir kebutuhan mahasiswa.

Era Kebangkitan (Era HIMA MBTI)

2003-2009

Logo HIMA MBTI

Logo HIMA MBTI

Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (HIMA MBTI) adalah organisasi induk mahasiswa hasil perubahan nama dari HM MTI. HIMA MBTI tidak jauh berbeda dengan HM MTI. Hanya saja, HIMA MBTI mulai dikelola dengan baik dan menuju ormawa yang menganut prinsip Students Government. Dengan berdirinya HIMA MBTI, mahasiswa STMB berhimpun dan berorganisasi dalam naungan organisasi tersebut demikian pula halnya dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

HIMA MBTI berasaskan kekeluargaan (asas ini menjadi salah satu sifat dalam KM IM Telkom nantinya). Seperti halnya organisasi mahasiswa lainnya, HIMA MBTI berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dan Tri dharma perguruan tinggi.

Tujuan pokok HIMA MBTI adalah sebagai wadah untuk seluruh mahasiswa STMB untuk meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai insan religius, akademis, dan pengabdi yang diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Disampingkin itu HIMA MBTI juga sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa kepada institusi STMB.

Kedaulatan tertinggi HIMA MBTI berada di tangan seluruh mahasiswa STMB dan diwujudkan pada musyawarah mahasiswa. Kemudian berdasarkan perubahan AD/ART HIMA MBTI kedaulatan mahasiswa tersebut dititipkan pada wakil-wakil mahasiswa di Majelis Perwakilan Mahasiswa.

Dari tahun 1997-2003 perangkat organisasi MBTI hanya ada dewan pengurus (badan eksekutif) saja, yang dipimpin oleh seorang Ketua. Pada tahun 2004, atas prakarsa saudara Ahmad Nur maka dibentuklah Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM STMB). Pada saat itu saudara Ahmad Nur menjabat sebagai Presiden Mahasiswa. Istilah Presiden Mahasiswa digunakan pada tahun ini dan seterusnya menggantikan istilah Ketua HIMA MBTI. Berikut ini daftar Ketua/Presiden Mahasiswa HIMA MBTI dari masa ke masa :

Dengan didirikan MPM maka HIMA MBTI menjadi lebih kompleks dan menuju implementasi konsep Good Student Government. MPM didirikan sebagai perpanjangan tangan dari mahasiswa STMB untuk mengontrol, mengawasi, dan memberikan saran-saran kepada Pengurus HIMA MBTI – Presiden Mahasiswa, agar HIMA MBTI berada pada jalur yang seusai dengan arahan organisasi (GBHO) dan aspirasi mahasiswa. Berikut ini nama-nama ketua MPM dari masa ke masa :

  1. Habib – Periode 2004-2005
  2. Ryan Fachri Nasution – Periode 2005-2006
  3. M. Malik Akbar R. – Periode 2006-2007
  4. Syarif Hidayatullah – Periode 2007-2008
  5. M. Aulya Rusyadi – Periode 2008-2009

Logo MPM IM (STMB) Telkom

Pada tahun 2008, MPM periode 2008-2009 menetapkan kebijakan pemilihan Presiden Mahasiswa secara langsung. Jika sebelumnya Ketua/Presiden Mahasiswa HIMA MBTI dipilih melalui musyawarah mahasiswa dengan diamanatkan pada Dewan Presidium (yang kemudian DP membentuk komisi pemilihan). Dengan demikian saudara Alit Anggara adalah Presiden Mahasiswa yang pertama dipilih langsung kembali (semenjak setelah masa HM MTI) oleh mahasiswa dan juga presiden mahasiswa terakhir HIMA MBTI.

Era Reformasi (Era KM IMTelkom)

2009 – Sekarang

Logo KM IM Telkom

Perkembangan institusi STMB yang begitu dinamis dan pesat, dari STMB menjadi IM Telkom, membuat ormawa juga mau tak mau untuk terus berkembang menyesuaikan langkah. Di samping itu keinginan untuk mewujudkan ormawa yang baik pun terus tumbuh maka MPM IM Telkom periode 2008-2009 berinisiatif membentuk Badan Perencanaan Reformasi Lembaga Kemahasiswaan IM Telkom (Bapforlak IM Telkom) untuk melakukan perubahan terhadap ormawa di IM Telkom (HIMA MBTI). Badan itu beranggotakan tujuh (7) orang, yaitu : M. Aditian Wijaya (Ketua), M. Aulya Rusyadi, K. Asiska Javanis, Andria Rahmawati, Rendy M. Septian, Titi Pratitis S., dan Yuniar Theophilia J.

Bapforlak secara efektif mulai bekerja pada bulan Januari 2009. Namun sebelumnya MPM periode 2008-2009 telah melakukan kunjungan ke beberapa Ormawa perguruan tinggi lainnya (UI, IPB, ITTelkom, dan lainnya) untuk melakukan studi banding (benchmarking) guna pembuatan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ormawa yang baru. Selama kurang lebih tiga (3) bulan lamanya akhirnya Bapforlak berhasil merumuskan draft AD/ART Keluarga Mahasiswa IM Telkom (KM IMTelkom).

Rumusan draft AD/ART KM IMTelkom tersebut disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan (stakeholder) ormawa di IM Telkom melalui beberapa event. Puncaknya draft tersebut dibahas dalam Pra Kongres yang berlangsung pada tanggal 27-29 Maret 2009 dengan dihadiri oleh :

  1. 5 orang perwakilan MPM
  2. 5 orang perwakilan kepengurusan HIMA MBTI
  3. 3 orang perwakilan tiap-tiap fakultas. IM Telkom memiliki 3 fakultas.
  4. 2 orang perwakilan tiap-tiap UKM/Komunitas. UKM/Komunitas yang terdaftar secara resmi pada Dept. SDK HIMA MBTI.

Pra Kongres menghasilkan beberapa keputusan penting yaitu draft AD/ART KM IM Telkom yang telah fix dan akan disahkan pada Kongres, pernyataan sikap dari para peserta Pra Kongres untuk mendukung pembentukan KM IM Telkom, dan beberapa rekomendasi arahan program KM.

Selang beberapa minggu, setelah masa Pemilihan Raya (PEMIRA), pada tanggal 14 Juni 2009 Kongres pun diadakan dengan agenda utama pengesahan AD/ART KM IM Telkom dan pengangkatan para pejabat-pejabat di dalamnya (anggota2 DPM, ketua2 BEM, BAK, dll). Dengan demikian, KM IM Telkom resmi berdiri pada tanggal 14 Juni 2009.

KM IM Telkom merupakan pengembangan dari HIMA MBTI. Kedaulatan KM IM Telkom berada pada seluruh mahasiswa IM Telkom (kecuali mahasiswa S2) dan diwujudkan dalam Kongres. KM IM Telkom memiliki perangkat organisasi BEM IM Telkom sebagai lembaga eksekutif pada tingkat pusat, tiga BEM F (BTM, ABK, & MDK) sebagai lembaga eksekutif tingkat fakultas, DPM IM Telkom sebagai lembaga legislatif, DPM F (BTM, ABK, & MDK) sebagai lembaga legislatif tingkat fakultas, BAK sebagai badan audit, BK UKM sebagai badan koordinasi UKM, DPK sebagai lembaga pengawas konstitusi dan Lembaga Kerohanian (Gamus, PMK, KMK, & KM Hindu). KM IM Telkom ini merupakan pejewantahan dari Student Government.

Pada awal periode KM IM Telkom dilakukan pemilihan anggota DPM dan Ketua BEM menggunakan sistem e-vote (electronic vote/click Vote) untuk pertama kalinya. Berdasarkan hasil PEMIRA Ketua Umum BEM KM IM Telkom yang pertama terpilih yaitu M. Aulya Rusyadi. Berikut ini daftar nama pengurus KM IM Telkom awal/masa peralihan (periode 2009) :

Ketua Umum BEM IM Telkom : M. Aulya Rusyadi, kemudian digantikan Risha Novella dahulu wakil ketua umum BEM IM Telkom karena mengundurkan diri.

Ketua BEM FBTM : Farah C. Wowiling

Ketua BEM FABK : Erland Aldrich Rizky

Ketua BEM FMDK : Ahcmad Robi Cahyadi

Anggota DPM IM Telkom : Sandro Agustin Sihite, Andrey Berton Parlindungan, Edina Aisyah, Pindy Fitza Wilandha, Yuniar Calorina Theophillia Johansz, Reta Maharani, Kusumaningtyas, Lintang Bima Sakti, Titi Pratitis Saraswati, Vina Julianty, Christianingtyas Ari Pramono Putri, Parwanto, Panji Tri Aditya, Rendy Muhammad Septian, Pier Ridge Yose, Johana Narwasti, Radius Saputra, Nurma Riskiana Putri, Fredella Neysa, Anggrina Amelia, Rizki Amelia, Niken Widyastuti Utami, Archie Fazira Rachmady, Angga Sastra Wijaya, Tegar Widya Laksono, Rini Indriani Gunawan.

Anggota DPM FBTM : Chandra Yuanto, Andria Rahmawati, Yoga Muda Aditya, Rio Artha Yudha Prawira, Trisya Harnita, Privanyya Dewanda Asri, Anisa Kusumawardani, Widya Purwitasari, Rima Yuniar, Novi Anugraheni, Lara Sakti Navisa

Anggota DPM FABK : Melisa Oktarina Bawamenewi, Eliza Meilyaningsih, Mandala Faldini, Fitri Mei Lestari, Sevioksi Wismanita, Rahmadani Putri Erdiyanti Manurung, Lyomi Yuspika Simamora, Diah Atika Putri, Henny Dwi Ratnaningsih

Anggota DPM FMDK : Indi Siswina Satwika, Damay Pandiangan, Aisyah, Meilina Lauren Sitanggang, Arnetta Zelina Sitepu

BAK IM Telkom : Rahmi Fajrianti, Rayhans Fadillah, Friska M. Siregar, Luh Putu Citra Pertiwi, Devi Wahyu Fitriani.

BK UKM : Irsal Ashari ( UKM EMBUN ), Sandy Imawan Prabowo ( UKM UABT ), Annisa Fitri Dwi L. T. ( UKM SEF ), Dyah Tunjung Pudyawati ( UKM MRC ), Endayani ( UKM PSM ), Komang Prita Andiani Pendit ( UKM HOUKIBOSHI ), Afry Purwanto ( UKM TAEKWONDO ), Chairunnisa Utami Sahara ( UKM CCI ), Wilfrido  M. C. C. ( UKM PERIMATRIK ), Suryo Sutrisman ( UKM UABB ), Budi Koeswoyo Saragi Turnip ( UKM UASB ), Windy Mariam (UKM DOWNTOWN ), Putra Priandara ( UKM CAPTURE)

Berikut ini nama-nama Ketua Umum BEM IM Telkom tahun 2009-2011 :

  1. M. Aulya Rusyadi (2009)
  2. Risha Novella (2009 – melanjutkan sisa masa jabatan M. Aulya)
  3. Ngajaibul Ashror (2010)
  4. Rizky Hermana ( 2011)

Saat ini, untuk menyesuaikan perubahan terbaru dari institusi maka nama ketiga BEM Fakultas berubah nama menjadi BEM SMTM (d/h FBTM), BEM SKM (d/h FMDK), dan BEM SABK (d/h FABK).

Sumber : AD/ART HIMA MBTI 2008-2009, AD/ART KM IM Telkom 2009, Keputusan dan ketetapan Pra Kongres, Keputusan dan ketetapan Kongres 2009, website BEM IM Telkom dan beberapa dokumen lainnya.

Notes :

Tulisan ini saya rangkai kata demi kata untuk mengingat sejarah perkembangan organisasi mahasiswa (Ormawa) di IM Telkom. Tulisan ini dihimpun dari berbagai sumber berbeda yang terpisah., khususnya berasal dari dokumen-dokumen yang saya dapatkan saat saya menjabat sebagai wakil mahasiswa di Ormawa IMTelkom tahun 2007-2009. Mohon maaf bila tulisan ini dirasa kurang menggambarkan keseluruhan sejarah dan luput detail-detail yang lainnya. Bila diantara ada pembaca yang mengetahui lebih, ingin menambahkan, atau bahkan meluruskan beberapa hal silahkan kirimkan komentar atau e-mail saya di rendy_mseptian@yahoo.com dengan subyek e-mail: sejarah ormawa di IM Telkom.

Terima kasih kepada kang Tarandhika Tantra & Harry Haryono atas masukan mengenai HM MTI.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s