Independent Financial Adviser (IFA)


Penasihat Keuangan independen (Independent Financial Adviser – IFA) adalah para profesional yang menawarkan saran independen mengenai masalah keuangan untuk klien mereka dan merekomendasikan produk-produk keuangan yang sesuai dari produk-produk keuangan yang ada di pasar. Istilah ini dikembangkan di Inggris,dan telah diadopsi di bagian lain dunia, seperti Hong Kong.

“Penasihat Keuangan Independen” Istilah ini diciptakan untuk menggambarkan penasihat bekerja secara independen untuk klien mereka bukan mewakili sebuah perusahaan asuransi, bank atau bancassurer. Pada saat itu (1988) pemerintah Inggris telah memperkenalkan rezim polarisasi yang memaksa penasihat baik dikaitkan dengan perusahaan asuransi tunggal atau penyedia produk atau menjadi praktisi independen. Istilah ini umum digunakan di Inggris di mana IFA diatur oleh Financial Services Authority (FSA) dan harus memenuhi kualifikasi yang ketat dan persyaratan kompetensi.

Di Inggris, industri telah de-terpolarisasi sejak tahun 2005. Sekarang ada tiga kelas utama dari penasihat: penasihat terikat (bekerja untuk salah satu lembaga keuangan), multi-diikat penasihat (menawarkan produk-produk dari pilihan pasar dan biasanya dibayar berdasarkan komisi) dan penasihat keuangan independen. Penasihat keuangan independen harus menawarkan klien mereka pilihan untuk membayar saran dengan fee/upah sebagai alternatif untuk komisi. Biasanya sebuah Penasihat Keuangan Independen akan melakukan survei rinci posisi keuangan klien mereka, preferensi dan tujuan, hal ini kadang-kadang dikenal sebagai ‘factfind‘. Mereka kemudian akan menyarankan tindakan yang tepat untuk memenuhi tujuan klien, dan jika perlu merekomendasikan produk keuangan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan klien. Individu dan bisnis berkonsultasi IFA pada banyak hal termasuk investasi, perencanaan pensiun, perlindungan asuransi, dan kredit pemilikan rumah (atau pinjaman lainnya). IFA juga menyarankan pada beberapa masalah pajak dan hukum.

Sumber: en.wikipedia.org

One thought on “Independent Financial Adviser (IFA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s