Behind The Scene : AD/ART KM IM Telkom


Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga merupakan sebuah landasan hukum yang dimiliki oleh sebuah organisasi. Dari AD/ART pula terdapat aturan-aturan main yang disepakati bersama guna menjalankan organisasi. Oleh karenanya dalam membuat AD/ART tidaklah boleh main-main apalagi main lompat tali. Coz cape boss!!! Lha jayuz… emang bener kok, membuat AD/ART itu susah-susah-gampang. Gampang kalo organisasi itu punya kita, yang ngejalanin kita sendiri, anggotanya pun kita sendiri. Nah susah, karena dalam membuat AD/ART itu harus merupakan kesepakatan bersama elemen-elemen penting dari organisasi tersebut. Terutama bila organisasi itu mengedepankan kedaulatan tertinggi berada ditangan anggota maka AD/ART tersebut haruslah merepresentasikan aspirasi/keinginan semua anggota secara overall. Belum lagi dalam penulisan haruslah mengikuti aturan-aturan umum hukum yang berlaku mengenai AD/ART. Biasanya sih banyak pada permasalahan redaksional yang cocok yang menginterpretasikan apa yang sebenarnya diinginkan dari sebuah pasal.

Dalam tulisan ini, saya ingin berbagi pengalaman saya dalam menyusun AD/ART KM IM Telkom. Tentu saja saya tidak bekerja sendiri. Ada 6 orang lainnya yang tergabung dalam sebuah badan bernama Badan Persiapan Reformasi Lembaga Kemahasiswaan (Bapforlak) IM Telkom. Nah ketujuh orang ini (termasuk saya) adalah tokoh kunci (kata2 adit bgt… hahaha) dalam pendirian KM IM Telkom.

Mulai efektif merancang AD/ART pada bulan Januari 2009. Pertama, kami merancang anggaran dasar (ya iyalah… secara ART tuh penjabaran dari AD) dengan mekanisme pembagian tugas (jadi tiap orang mengajukan usulan beda bab). Kebetulan (secara disengaja..!!) waktu itu saya dapet Bab Kelengkapan Organisasi dan harus menjelaskan bagaimana hubungan antarlembaga tersebut. Awalnya saya mengajukan struktural antar lembaga yang sederhana. Yang berbeda pada saat itu saya masukan lembaga baru yaitu Komite Keuangan. Komite independen yang memastikan keuangan KM IM Telkom lancar. Tapi beriringannya dengan rapat, rapat dan rapat, akhirnya ada pemodifikasian Komite Keuangan ini menjadi Badan Audit Kemahasiswaan (BAK). BAK sendiri sebenarnya lebih ke fungsi pengawasan bidang keuangan (auditor internal) dari KM IM Telkom.

Saya pribadi banyak mengambil refrensi dari AD/ART KM ITB, KEMA UNPAD, beberapa AD/ART HIMA lainnya. Kenapa saya pilih ITB dan Unpad? Karena memang baik diterapkan pada KM IM Telkom yang notabene membangun dari awal. Dan mereka juga (Unpad & ITB) baru memusatkan kehidupan kemahasiswaanya kembali.

yang lainnya banyak mengambil konsepsi dari IKM Universitas Indonesia. Dan bila rekan-rekan membaca AD/ART KM IM Telkom dan membandingkannya dengan UI mungkin akan terlihat ada kesamaan.

Proses pencarian refrensi AD/ART sebenernya sudah diawali pada saat MPM periode 2007-2008 dan memang isu pembentukan KM IM Telkom dimulai pada periode ini, dahulu usulan namanya adalah KBM IM Telkom. Tahun lalu MPM berhasil melakukan studi banding kebeberapa sekolah tinggi di Bandung dan berhasil mendapatkan AD/ART ormawanya. Saat ini bank data AD/ART di MPM :

  1. AD/ART KM ITB
  2. AD/ART KEMA UNPAD
  3. UUD UI
  4. AD/ART KBM IT TELKOM
  5. AD/ART DPM STHB
  6. AD/ART KM STIE EKUITAS
  7. AD/ART LAINNYA

Ada keuntungan bila kita memulai dari awal (nol), kita jadi merancang sebuah organisasi secara sangat ideal. Tapi kelemahannya kita harus membuat banyak pasal untuk memastikan segala ide idealisme tentang organisasi tersebut dapat diinterpretasi dengan sama oleh orang lain yang membaca AD/ART nantinya. Alhasil total pasal rancangan AD/ART KM IM Telkom sebanyak 150an pasal… bejibun amat yah.. padahal itu juga tidak manampung pasal-pasal untuk masa peralihan.

Dalam proses pengajuan usulannya (diantara kami bertujuh) pun menarik. Banyak timbul mispersepsi dan kadang dibumbui oleh emosi. Idealnya sih setiap orang memiliki level pengetahuan tentang pembuatan AD/ART yang sama. Tapi toh tidak seperti itu dan perbedaan ini lah yang mewarnai kanvas konsepsi KM IM Telkom menjadi lebih berwarna dan indah. Indah karena dikerjakan bersama-sama.

Judul Pilem : AD/ART KM IM Telkom

Durasi Pilem : 3 Bulan (Jan-Mar 2009), pernah seminggu penuh ampe jam 12 malem!!

Lokasi Syuting : Markas MPM, tempat kenangan lainnya… lupa… hehehe

Sinopsis : pembuatan AD/ART yang sangat idealis, perfeksionis, membutuhkan konsentrasi lebih, kemampuan mengontrol emosi tingkat tinggi, kesabaran super, ketelitian dan kedetailan…. serta senyuman dan keikhlasan… ^^

NB : thanks buat rekan2 bapforlak lainnya yang tetap semangat dikala diriku ini kehilangan asa dan semangat yang menguap entah kemana. Kalian Hebat…!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s