Pra Kongres Mahasiswa IM Telkom


Pada tanggal 27-29 Maret 2009 yang lalu sudah sepatutnya menjadi tanggal bersejarah dalam pergerakan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Institut Manajemen Telkom. Pasalnya seluruh pemangku kepentingan (baca : stakeholder) ormawa IM Telkom berkumpul dan duduk bersama dalam sebuah forum untuk membahas pembentukan wajah baru ormawa IM Telkom. Nama forum tersebut adalah Pra Kongres Mahasiswa IM Telkom.

Apa sih Pra Kongres Mahasiswa IM Telkom itu?
Pra Kongres Mahasiswa ini adalah sebuah permusyawaratan yang membahas tentang pembentukan awal Keluarga Mahasiswa Institut Manajemen Telkom.

Lho? Berarti sebelumnya IM Telkom belum mempunyai ormawa?!

Tidak, IM Telkom sudah mempunyai ormawa intra kampus dengan nama Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (HIMA MBTI). Karena perubahan struktur institusinya, dahulu STMB Telkom sekarang menjadi IM Telkom, maka ormawanya pun mau tak mau ikut berubah. Alasan lainnya adalah untuk menampung aspirasi mahasiswa jurusan lainnya selain jurusan MBTI.

Apa aja sih yang dibicarain di Pra Kongres itu??
Secara garis besar ada dua pokok pembicaraan penting yang kemudian dalam teknis sidangnya dibagi menjadi 2 sidang komisi. Pertama, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KM IM Telkom. AD/ART ini dibahas oleh Komisi A Pra Kongres dan tentu saja rancangannya telah ada. Gile Aje nyusun dari awal!!! Jadi komisi A ini mengkaji hasil rancangan AD/ART yang dibuat Badan Perencanaan Reformasi Lembaga Kemahasiswaan (Bapforlak). Kedua, Rekomendasi dan Aturan Peralihan. Nah, karena KM IM Telkom ini masa kepengurusannya dibuat dari Jan-Des, berbeda sebelumnya Jul-Jun, maka untuk tahun awal efektifnya adalah Januari 2010. Jadi ada 6 bulan masa transisi. Komisi B membahas gimana sih aturan buat 6 bulan ini dan juga memberikan masukan untuk KM IM Telkom baik untuk jangka pendek (5 tahun).

Siapa aje tuch yang dateng di Pra Kongres!!??
Peserta yang hadir adalah delegasi-delegasi dari para stakeholder ormawa IM Telkom. Tentu aja ada persyaratan delegasinya, yaitu :
• 5 orang perwakilan MPM
• 5 orang perwakilan kepengurusan HIMA MBTI
• 3 orang perwakilan tiap-tiap fakultas. IM Telkom memiliki 3 fakultas.
• 2 orang perwakilan tiap-tiap UKM/Komunitas. UKM/Komunitas yang terdaftar secara resmi pada Dept. SDK HIMA MBTI.

Jadi ada sekitar 25 lembaga yang hadir dalam pra kongres kemaren. Oh iya, yang mempunyai hak suara adalah lembaga yang diwakilkannya. Bukan tiap delegasi yang memiliki hak suara, jadi tiap delegasi harus pandai-pandai dalam melobi dan meyakinkan delegasi lainnya.

Siapa nyang jadi panitia pelaksananya…??
Yang bertanggung jawab terhadap atas pelaksanaan ini, ya Bapforlak. Bapforlak disini sebagai tim pengarah dari panitia pelaksana. Yah semacam steering commitee gt deh. Berikut ini susunan kepanitiaannya :

Tim Pengarah :
BAPFORLAK as Steering Commitee
• Rendy M. S. (Kord), Andria Rahmawati, M. Aulia R., Asiska J., M. Aditian W., Titi Pratitis S., Yuniar Theophilia J.

Organizing Commitee

Ketua Pelaksana :
• Lintang Bima Sakti

Divisi Acara :
• Nadia, Dhea, Wida, Christie, Rima (Kord), Adi

Divisi Publikasi & Dokumentasi :
• Feli, Johana, Tami, Niken, Indah, Agung (Kord)

Divisi Konsumsi :
• Leo, Icut, Anin, Qimel, Erland (Kord)

Divisi Tatib :
• Cut Rizki, Awan(Kord), Raji

Divisi Logistik :
• Fajar, Arwa (Kord), Pier, Radius, Koya, Eric

Trus apa sih hasil nyata dari Pra Kongres Mahasiswa ineh??
Hasilnya berupa deklarasi bersama yang ditandatangani oleh para stakeholder tersebut. Jadi semua ketetapan sidang pra kongres tersebut mengikat semuanya yang hadir. Ketetapannya berupa draf AD/ART KM IM Telkom, Rekomendasi dan Aturan Peralihan, Komisi Peralihan (yang bertugas mensukseskan KM IM Telkom pada masa transisi).

Nah udah ngertikan apa itu Pra Kongres Mahasiswa dan pentingnya kegiatan tersebut bagi pergerakan ormawa Institut Manajemen Telkom.

Hidup Mahasiswa…!!
KM IM Telkom…. Berintegritas, Berilmu, Berjiwa Mandiri…..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s