Pemimpin Harus Berempati


Ada banyak teori tentang kepemimpinan. hingga saat ini teori2 tersebut tidak pasti dan selalu mengalami perubahan-perubahan. karena dalam dunia organisasi sendiri tidak ada yang statis. selalu dinamis! menurut Prof Gordon dalam bukunya MPE – Menjadi Pemimpin yang Efektif,secara garis besar ada dua pendekatan dalam memimpin :

  1. pemimpin harus berorientasi terhadap tujuan organisasi (task-oriented)
  2. pemimpin harus juga berorientasi terhadap hubungan antaranggota/ sosial.

berdasarkan kedua poin tersebut kadang pemimpin harus memilih antara tujuan organisasi dengan kesejahteraan anggotanya. untuk itu sebenarnya pemimpin yang baik adalah tujuan organisasi tercapai dan semua anggota merasa “puas”. ada beberapa kiat untuk membangun hubungan antaranggota yang baik :

  1. pemimpin harus menjadi motivator abadi buat para anggotanya, bila diperlukan sentuhan antar personal maka lakukanlah.
  2. pemimpin harus menghancurkan tembok pemisah antaranggota dan pemimpin. buatlah suasana terbuka antaranggota, bila perlu buat suatu acara informal dan pemipin harus peka.
  3. pemimpin harus menumbuhkan rasa empati dalam setiap diri anggota. caranya, pahami mereka tanpa harus banyak kata, baca meraka dan lingkungan mereka.
  4. pemimpin harus memahami kelebihan dan kekurangan anggota. jangan memberikan tugas yang kurang mereka kuasai dan usahakan memberikan tugas yang beragam, agar tidak bosan.
  5. pemimpin harus adil dalam menilai kerjaan mereka. katakan buruk bila memang buruk, katakan bagus bila memang bagus. tapi ingat! gunakan bahasa yang baik dan membangun.

3 thoughts on “Pemimpin Harus Berempati

  1. mboh29 berkata:

    prof Gordon itu yg di pilem power renjers yahh?? yg suka dipanggil2 ma alpha… “ayayayay,, gawat Gordon, monster kembali menyerang kota!!”😛

    uda gw ganti ren,, Rendy Septian!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s