Sejarah IM Telkom


23 Mei 1990

Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) atau dulu bernama Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB Telkom) didirikan dengan nama Master in Business Administration (MBA) Bandung melalui akta notaris Wiratni Ahmad, SH., nomor: 163/1990, sebagai Graduate School (sekolah pasca sarjana).

Pada awal pendiriannya, Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) mengadopsi secara utuh, schooling system yang dilaksanakan di Asian Institute of Management (AIM) Philipines. Sistem ini sudah terbukti sangat baik, karena AIM berhasil menjadi Graduate School ternama di Asia dan Dunia. MBA Bandung adalah penyelenggara program MBA pertama di Jawa Barat.

Ketika didirikan, organisasi dan pengelolaan lembaga langsung disupervisi oleh 3 (tiga) orang tenaga professional dari AIM, yaitu: 1 (satu) orang Dean (Dean Bernado), 1 (satu) orang Profesor Senior (Prof. Rafael J. Azanza), dan 1 (satu) orang Direktur (Ms. Emmy De Vera). Ketiga orang ini sebenarnya tidak hanya memperkenalkan dan menerapkan schooling system AIM, lebih dari itu, mereka juga mencoba menerapkan kultur dan nilai-nilai profesional yang berlaku di AIM.

Kegiatan tersebut mereka lakukan secara konsisten selama 5 tahun, yaitu dari tahun 1990 sampai dengan tahun 1995. Mereka datang ke Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) untuk mengajar dengan pendekatan team teaching bersama-sama dengan pengajar internal Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), dan selalu mendiskusikan mengenai pengelolaan institusi pendidikan yang baik.

Penerapan schooling system AIM di Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) cukup berhasil, hal ini ditunjukkan dengan berhasilnya Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) bersama-sama dengan IPPM, IPMI, dan Prasetya Mulya, masuk ke dalam jajaran 4 (empat) besar sekolah bisnis terbaik versi majalah SWA tahun 1992, mengungguli universitas-universitas negeri seperti UI, ITB, UNPAD, dan lain-lain.

25 Desember 1991

Surat Keputusan Dewan Pendiri tentang bentuk logo YPT MBA Bandung. Dengan No. SK.: 307/HK-00/YPT/91.

5 Mei 1993

Surat Keputusan Dewan Pimpinan Yayasan Pendidikan Telkom tentang perubahan nama dan organisasi MBA Bandung menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB). Dengan No.: KEP.45/KP08/YPT/93.

10 Mei 1993

Manajemen MBA Bandung mengusulkan kepada YPT untuk memproses kurikulum MBA Bandung agar memperoleh akreditasi dari pemerintah Indonesia c.q. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurikulum dan Sillabi program MBA Bandung memperoleh akreditasi “Unggul” dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pembentukan Program Magister Manajemen pada Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Manajemen Bandung. Program MBA berubah menjadi Program Studi Magister Manajemen (MM). Dengan SK. No.70a/D/O/1993.

10 Mei 1993

MBA Bandung berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB).

15 November 1993

Surat Keputusan Dewan Pimpinan Yayasan Pendidikan Telkom tentang bentuk logo Sekolah Tinggi Manajemen Bandung. Dengan No. KEP.: 301/HK00/YPT/93. Berikut adalah logo dari STMB:

LOGO SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN BANDUNG

Tahun 1994

Pemerintah melakukan regulasi pada institusi pendidikan yang beroperasi sebagai graduate school, STMB melakukan penyesuaian dengan semua regulasi pemerintah. Schooling system yang semula murni AIM, seluruhnya disesuaikan mengikuti aturan pemerintah. Perubahan ini tidak menyulitkan, karena STMB sudah memiliki pengalaman dan kemampuan yang cukup untuk mengelola institusi pendidikan.

25 September 1997

STMB membuka program S1 dengan program studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) tanpa menghadapi kesulitan yang berarti, karena telah memiliki pengalaman dalam mengelola post graduate program yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi. MBTI mendapat ijin dari Dirjen Dikti dengan status Terdaftar melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Pemberian Status Terdaftar kepada Program Studi Manajemen untuk Jenjang Pendidikan Program S1 di Lingkungan Sekolah Tinggi Manajemen Bandung di Bandung.

Namun demikian, karena STMB belum memiliki pengalaman dalam pengelolaan mahasiswa yang berjumlah banyak seperti universitas yang mencapai jumlah ribuan orang mahasiswa, dan STMB sangat memperhatikan pengelolaan program yang mengacu pada skala yang baik dan berkualitas, maka penerimaan mahasiswa program S1 angkatan pertama tahun 1997 hanya mencapai 50 (lima puluh) orang mahasiswa. Dengan Surat Keputusan No.: 581/DIKTI/Kep/1997.

5 Agustus 2002

Program studi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika (MBTI) mendapat akreditasi “A” melalui keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Sarjana di Perguruan Tinggi, dengan nilai 378. Pada periode yang sama, STMB adalah satu-satunya perguruan tinggi yang program studinya mendapatkan akreditasi “A” dari BAN-PT. Dengan Surat No.014/BAN-PT/Ak-VI/S1/VIII/2002.

28 Oktober 2005

Pada Rapat Koordinasi antara Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dan Teknologi Telekomunikasi (YPT) dengan STT Telkom (sekarang Institut Teknologi Telkom atau IT Telkom), STMB Telkom (sekarang Institut Manajemen Telkom atau IM Telkom), dan NTC di Cipaku, Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB) berubah dan ditetapkan menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkomunikasi (STMB Telkom).

23 November 2005

Tanggal ditetapkannya logo baru STMB Telkom, yang ditandatangani oleh: 1. Anton Adibroto (Ketua), 2. Dodi Tricahyono (Puket 1), 3. Dedi Kurniadi (Puket 2), 4. Jafar Sembiring (Puket 3), 5. Sulaeman (Dir Prog. S1), 6. Ida N. Relawan (Ka BHLM).

STMB juga mengajukan Pengajuan Perubahan nama dari Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB) menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telekomunikasi (STMB Telkom). Dengan Surat No.767/STMB/PR-15/2005.

28 November 2005

Pengajuan filosofi logo STMB Telkom yang baru kepada YPT. Dengan Surat No. : 782/STMB/PR-15/2005.

1 Desember 2005

Penerbitan Surat Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan dan Latihan Manajemen dan Teknologi Telekomuikasi tentang penetapan nama dan logo baru Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telekomunikasi (STMB Telkom). Berlaku sejak tanggal 28 Oktober 2005. Dengan Surat No.: KEP.302/HK00/YPT/ 2005.

16 Desember 2005

Penerbitan Surat keputusan Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom tentang pemberlakuan nama dan logo lama Sekolah Tinggi Manajemen Bandung. Dengan Surat Keputusan No.: KEP.073/HK-00/STMB/ 2005.

30 Desember 2005

STMB Telkom mengajukan Ralat Penetapan Nama dari Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telekomunikasi (STMB Telkom) menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom). Dengan Surat No.: 849/STMB/PR-15/2005.

3 Januari 2006

Tanggal diumumkan untuk pertama kalinya penggunaan nama dan logo STMB Telkom. Berikut adalah logo dari STMB Telkom:

LOGO SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN BISNIS TELKOM


9 Januari 2006

Surat Keputusan Dewan Pengurus YPT tentang revisi penetapan nama dan logo baru Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom). Berlaku sejak tanggal 03 Januari 2006. Dengan Surat Keputusan No.: KEP.006/SET-06/YPT/ 2006.

19 Mei 2006

YPT (Yayasan Pendidikan Telkom) mendaftarkan hak cipta nama & logo STMB Telkom kepada Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia.

26 Juni 2006

STMB Telkom mendapat ketetapan tentang Surat Pendaftarann Ciptaan, berlaku selama 50 (lima puluh) tahun sejak pertama kali diumumkan, dari Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia. Dengan Nomor & tanggal pendaftaran: 030714, 19 Mei 2006.

28 Maret 2008

SK Mendiknas/Ditjen Dikti No.: 64/d/0/2008 tanggal 28 Maret 2008 tentang Penutupan Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom) dan pembukaan Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) dengan program studi :

  1. Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika (S1),
  2. Desain Komunikasi Visual (S1),
  3. Administrasi Niaga (S1),
  4. Ilmu Komunikasi (S1),
  5. Akuntansi (S1), dan
  6. Manajemen Pemasaran (D3).

Pada Bulan Maret 2008, Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom) berganti nama menjadi IM TELKOM (Institut Manajemen TELKOM). Pergantian nama mengukuhkan bahwa sekolah ini menyediakan program manajemen terbaik di Indonesia dengan dukungan industri yang kuat di sertai dengan adanya penambahan program studi. Berikut adalah logo dari IMTelkom:

LOGO INSTITUT MANAJEMEN TELKOM

 

sumber :

http://www.imtelkom.ac.id dan skripsi Kinanti Adelin tahun 2010

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s